Jose Enrique 01 Afp 17b30c8

Cedera Lutut Tak Kunjung Pulih, Jose Enrique Putuskan Pensiun

Mantan bek Liverpool dan Newcastle Jose Enrique hari Rabu (06/09) ini memutuskan untuk gantung sepatu karena cedera lututnya tak kunjung pulih.

Bek kiri asal Spanyol tersebut sejatinya masih bisa bermain sepakbola selama dua atau tiga tahun lagi. Usianya saat ini masih 31 tahun.

Cedera itu sendiri terjadi saat ia masih memperkuat Liverpool. Alhasil, dalam tiga musim terakhir membela The Reds, ia total hanya bisa tampil sebanyak 21 kali saja. Cedera itu tak kunjung pulih setelah ia pindah ke Real Zaragoza pada musim panas 2016 lalu.

Setelah semusim pindah ke Spanyol, Enrique berstatus sebagai free agent setelah dilepas oleh Zaragoza pada musim panas 2017 ini. Setelah itu ia pun memutuskan untuk pensiun karena cedera lututnya itu sampai membuat mentalnya terganggu.

“Sesuatu yang seharusnya terjadi selama tiga bulan akhirnya berubah menjadi dua tahun. Saya menemui lima dokter di Inggris, tapi mereka tidak bisa menemukan masalahnya,” ungkap Enrique.

“Saya masih belum benar-benar pulih, baik secara fisik maupun mental, tapi saya merasa seperti memulai dari awal. Saya tidak bisa bermain tanpa pengobatan, saya bahkan tidak berlatih. Situasinya sulit, putus asa, terkadang saya merasa pusing saat latihan karena terlalu banyak minum obat,” terangnya.

“Setelah setiap pertandingan atau usaha, lutut saya membengkak seperti bola dan saya hampir tidak bisa berjalan selama tiga hari. Ini menyakitkan saya, tapi begitu banyak kali mereka mengatakan kepada saya bahwa ini adalah masalah psikologis yang pada akhirnya saya percayai,” ucapnya.

Sebagai hasilnya, Enrique pun bermain tanpa pengobatan selama sepekan jelang pertandingan lawan Crystal Palace di Anfield pada November 2013. Namun hal itu tentunya membuat cederanya tambah parah.

“Pada akhirnya saya hanya berlatih pada hari Jumat dan saya bermain 15 menit tanpa pengobatan dan saya hanya bisa melangkah lurus, saya tak bisa berbelok,” sambungnya.

Enrique sendiri akhirnya main penuh di laga lawan Palace tersebut. Akan tetapi, hal itu malah membuatnya hanya bisa main total selama 29 menit saja di sisa musim tersebut.

Sementara itu, saat ditanya terkait keputusannya pensiun, Enrique menjawab: “Saya ingin jadi orang tua yang bisa berjalan, bukan sebagai orang cacat,” tegasnya.(CS)